Backpacker Keliling Indonesia (2)||Motivasi

0
527

“Where are you from?” I am from Indonesia.

“What is your nationality?” I am Indonesian.

Gini guys, kedua pertanyaan itu sering aku dengar ketika masih bekerja di kapal dulu. Dan jawabanku selalu sama, “Saya orang Indonesia.” Ya, kembali kutekankan bahwa aku adalah orang Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan KTP Indonesia dan paspor warna hijau yang kumiliki.

Akhir-akhir ini aku agak risau guys,dan timbul pertanyaan dalam diriku sendiri,” Benarkah aku ini orang Indonesia, Indonesia yang mana?” Yups, selama aku hidup di bumi pertiwi dari tahun 1990 hingga waktu aku menulis artikel ini, sebagian besar waktuku kuhabiskan di Pulau Jawa, pulau yang dihuni lebih dari 50% Penduduk Indonesia. Mungkinkah aku ini lebih pantas disebut sebagai orang Jawa saja ketika ditanya orang asing?

Maaf bukanya aku tidak bersyukur terlahir di Pulau Jawa dari keturunan Bapak maupun Ibu keturunan Suku Jawa ini guys, aku bangga dan juga bersyukur menjadi bagian dari Pulau Jawa. Akan tetapi, aku juga ingin mengenal lebih dalam lagi seluruh elemen bangsa ini. Ku ingin mengunjungi saudara-saudaraku di seluruh penjuru negeri ini, dan bisa bertukar pikiran satu sama lain sebagai satu kesatuan.

Ya, Indonesia terbentang dari Sabang hingga Merauke, lebih dari 17000 pulau di dalamnya. Di pulau-pulau tersebut ada berbagai macam suku bangsa dan bahasa yang memperkaya keragaman negeri. Sekali saja dalam satu bagian dari hidupku, ingin kugunakan untuk mengelilingi negeri ini. Ya aku ingin bisa menjadi Orang Indonesia yang tinggal di Indonesia, bukan hanya orang Indonesia yang hanya tinggal di salah satu bagiannya saja, yaitu Pulau Jawa. Tidak mungkin kita bisa menginjakkan kaki di setiap jengkal bumi pertiwi, tetapi setidak-tidaknya aku ingin bisa menginjakkan kaki di seluruh provinsi yang ada di negeri ini. 

“ Baca juga : Backpacker Keliling Indonesia

Bagi sebagian orang mungkin menganggap keinginan ini akan sulit diwujudkan. Tidaklah dekat jarak yang akan kujalani. Mungkin bisa lebih dari 30.000 KM jarak yang akan kulewati menggunakan aneka macam moda trasportasi yang tersedia di negeri ini. Tapi aku yakin aku bisa menempuh jarak yang jauh tersebut. Aku tidak akan memforsir tenagaku dalam menjalani trip ini. Aku akan menjalaninya dengan santai dan menikmatinya, karena memang trip ini tidak ada dead line waktu. Aku bisa saja menyelesaikan trip ini dalam 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun ataupun 3 tahun. Intinya aku ingin menikmati perjalanan dan mengambil pelajaran sebanyak-banyaknya dari trip yang kunamai Backpacker Keliling Indonesia ini.

Bisa saja ada yang berpendapat, trip ini hanyalah trip sia-sia dan membuang waktu. Tapi bagiku tidak, kita mungkin saja kehilangan uang, tapi kita tidak boleh kehilangan kesempatan berharga dan pengalaman, itu yang menjadi prinsipku saat ini.

Kita mungkin saja kehilangan uang, tapi kita tidak boleh kehilangan kesempatan berharga dan pengalaman.

Tinton Arya S.

Mungkin di antara kalian ada yang bertanya-tanya, bagaimana nantinya aku bisa bertahan hidup dengan waktu yang cukup lama ini? Berapa dana yang harus dipersiapkan? Ya, saya sendiri awalnya juga ragu, apakah dana yang saya persiapkan akan cukup untuk mendanai trip ini? Jawabanya tentu tidak cukup, karena modal yang kupersiapkan tidaklah besar. Sebagian dana yang kugunakan untuk perjalanan ini kudapatkan dari usaha tour and travelku di Jogja. Kalian bisa follow akun instagram @jogjatour.tnt.  Jika kalian mau liburan di Jogja, kalian bisa gunakan jasa tour and travelku ini, tiap booking yang kami terima akan sangat membantuku untuk bisa menuntaskan misi keliling Indonesia.

Selain membuat website, aku juga akan share pengalaman Backpacking Keliling Indonesia ini di akun Instagram dan di akun Youtubeku. Jadi pengalamanku berkeliling Indonesia bisa kalian nikmati dalam wujud artikel, photo, dan video. Cukup lengkap kan guys? Akan sangat disayangkan bila perjalananku ini tidak terdokumentasi dengan baik, pasti akan ada hal yang bisa kuceritakan tentang kekayaan,keindahan dan keragaman budaya serta sejarah negeri ini. So, kuharapkan support dari kalian guys dengan memfollow akun IG @tint_arya dan subscribe akun Youtubeku. Tiap click follow ataupun subscribe dari kalian akan sangat berharga dan menambah motivasi bagiku untuk menjalani trip Backpacker Keliling Indonesia ini.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya guys. Akan ada cerita-cerita yang menarik tentang negeri ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here