Pilihan Transportasi Bandara Internasional Yogyakarta (YIA)

1
721
Transportasi Bandara YIA
Yogyakarta Airport Train

Hii guys, beberapa waktu yang lalu aku mencoba naik Kereta Bandara dari Stasiun Tugu Jogja sampai dengan Bandara International Yogyakarta atau yang lebih sering kita kenal dengan sebutan YIA (Yogyakarta International Airport). Sebenernya aku juga ga ada tujuan terbang kemana-mana, ya cuma iseng aja, pengin ngerasain Kereta Bandara doang, sekalian survei transportasi Bandara YIA yang lain, berapa lama perjalanan bisa ditempuh kalo dari pusat Kota Jogja. Eh, dari keisengan itu malah bisa jadi bahan tulisan, hehehe.

Lokasi Bandara YIA

Bandara YIA ini adalah bandara yang dibangun di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bandara ini dibangun untuk menggantikan kinerja Bandara International Adisutjipto yang sudah kelebihan kapasitas.

Lokasinya memang tidak seperti Bandara Adisustjipto yang lebih dekat dengan Kota Jogja. Bandara YIA yang baru ini terletak di Kabupaten Kulon Progo dekat dengan Kabupaten Purworejo, Jateng. Kalo ditempuh dengan mobil, lama perjalanan kira-kira 1,5 jam. Cek lokasinya disini.

Pilihan Tranportasi dari dan menuju Bandara YIA.

Ada beberapa pilihan transportasi yang menghubungkan Bandara YIA dengan pusat Kota Yogyakarta, yaitu :

  1. Kereta Bandara ( Rp, 25.000/orang ),
  2. Shuttle Bus Damri ( Rp, 50.000 – Rp, 70.000/orang )
  3. Shuttle Bus Satelqu ( Rp 50.000 – Rp 75.000/orang )
  4. Taxi Konvensional dan Taxi Online (tarif berdasarkan rute)

Ada kelebihan dan kekurangan di tiap sarana tranportasi yang menghubungkan Bandara YIA dan Kota Jogja, terutama dalam hal flexibilitas waktu, harga, titik drop off dan titik keberangkatanya.

Oke mari kita bahas satu persatu ya guys.

Poin-poin mengenai Kereta Bandara YIA

1.Kereta Bandara YIA, adalah opsi transportasi termurah.

Memang bila dibandingkan dengan moda transportasi lain, kereta bandara bisa jadi opsi paling menarik karena harganya yang cukup terjangkau. Waktu yang dibutuhkan hanya 45 menit saja. Tapi satu yang perlu diingat, kereta tidak berangkat langsung dari Bandara International YIA. Jadi dari Bandara YIA kalian harus naik shuttle Damri ke Stasiun Wojo. Stasiun Wojo inilah stasiun lokal yang terdekat dari Bandara YIA.

Shuttle Damri dari Bandara menuju Stasiun Wojo sangat mudah ditemukan, lokasinya di tempat parkir di luar bandara. Kalian bisa langsung bayar ke drivernya sejumlah Rp 20.0000,-

Transportasi Bandara YIA
Yogyakarta Airport Train
2. Cara menggunakan Transportasi Kereta Bandara YIA

Ketika kalian tiba di Bandara YIA, setelah ambil bagasi dan lain-lain, langsung saja keluar ke area parkir bandara. Lalu temukan tempat parkir Shuttle Damri. Tanya saja ke petugas Damri-nya, yang mana yang akan menuju Stasiun Wojo.

Dari Bandara YIA ke Stasiun Wojo hanya perlu sekitar 15 menit. Ticket keretanya bisa langsung kalian beli di stasiun. Dari pengalamanku, kereta akan berhenti di Stasiun Wates Kulon Progo, stasiun ini menandakan bahwa perjalanan menuju Stasiun Tugu (YK) tinggal separuh jalan.

Nah setelah sampai Stasiun Tugu, kalian bisa gunakan Gojek / Grab untuk menuju hotel tempat kalian menginap selama di Jogja. Tapi ingat ya, kalian ga boleh order taxi/ojek online dari dalam stasiun, kalian harus jalan kaki ke arah timur sekitar 200 meter ke Hotel Neo. Nah dari seberang Hotel Neo ini kalian baru bisa order melalui aplikasi.

Transportasi Bandara YIA
Shutle Bandara YIA
3. Jadwal Kereta Bandara YIA

Kalian juga bisa check jadwal keberangkatan kereta YIA ini di applikasi KAI Access. Nah sebetulnya dari Stasiun Wojo ini tidak hanya tersedia kereta khusus bandara, tapi juga tersedia kereta lokal yang menghubungkan Kota Jogja dengan kota-kota tetangga lainya seperti Purworejo, Solo dan Semarang.

Kalian bisa juga manfaatkan kereta lokal ini untuk menuju pusat Kota Jogja, harganya malah bisa lebih terjangkau, meski fasilitasnya tidak sebagus kereta khusus bandara. Nah kalo kalian mau langsung ke Solo, Semarang atau Purworejo, kalian bisa juga gunakan opsi murah ini.

pilihan transportasi bandara yia
Jadwal Kereta Bandara di aplikasi KAI Access
4. Pertimbangkan juga hal ini sebelum kalian memutuskan naik Kereta Bandara YIA

Satu hal penting yang perlu kalian pertimbangkan sebelum kalian naik kereta bandara adalah kalian harus berulang kali memuat bagasi, karena kereta tidak berangkat langsung dari Bandara, kalian harus naik beberapa sarana transportasi sebelum kalian sampai di hotel.

Dan pertimbangkan juga waktu tempuh perjalanan jika kalian sedang diburu waktu. Tapi jika kalian sedang selow dan ga masalah dengan bagasi kalian, naik kereta bandara bisa jadi pilihan terbaik.

Airport Shuttle dari Bandara International Yogyakarta (YIA)

Selain Kereta Bandara YIA, Shuttle Bandara YIA juga bisa jadi opsi transportasi menarik bagi kalian yang ingin menuju kota Jogja dari YIA ataupun sebaliknya. Shuttle ini gampang sekali ditemukan. Kalian tinggal keluar dari Bandara YIA dan langsung menuju area parkir bandara.

Ada dua operator shuttle yang beroperasi di Bandara YIA ini, yaitu Damri dan Satelqu. Kedua operator ini mempunyai beberapa titik drop off maupun titik jemput yang berbeda. Jadi, ada baiknya kalian check dulu di google maps, dimana letak hotel kalian menginap dan sesuaikan dengan titik drop off dari masing-masing shuttle ini. Kalian juga bisa bertanya kepada petugas yang berjaga di tempat parkir shuttle, dimana harusnya kalian turun.

Ini adalah pilihan titik drop off dari masing-masing operator shuttle.

Drop off Point DAMRI :

  1. Adi Sutjipto International Airport (bandara lama)
  2. Grand Inna Hotel Malioboro (di jalan Malioboro)
  3. Giwangan Bus Terminal (Ring Road Selatan)
  4. Limaran Hotel
  5. Galeria Mall
  6. Damri Bus Stationh

Drop off point Satelqu :

  1. Adi Sutjipto International Airport (bandara lama)
  2. Giwangan Bus Terminal
  3. Jombor Bus Terminal ( Ring Road Utara )
  4. Hotel UC UGM
  5. Hotel Gran Keisha
  6. Jogja Expo Centre

Tarif dari kedua shutle ini berada di kisaran harga IDR 50.000 – IDR 70.000 tergantung pada jarak dari Bandara YIA ke titik drop off ataupun titik jemput. Lama perjalananya sekitar 1,5 – 2 jam tergantung pada kondisi lalu lintas. Sekali lagi kalian harus pastikan dengan petugas shutlenya, titik drop off mana yang paling dekat dengan hotel tempat kalian menginap selama berada di Yogyakarta.

Pilihan ketiga adalah Taxi, opsi termahal tapi paling efektif.

Ada banyak pilihan operator Taxi di Bandara YIA. Tarifnya berkisar di harga IDR 300.000 dari Bandara YIA maupun sebaliknya. Memang harganya lebih mahal dibanding opsi transportasi lain, tapi jika kalian datang bersama keluarga atau teman dengan jumlah lebih dari 2 orang, Taxi bisa jadi pilihan terbaik kalian.

Dengan menggunakan taxi, kalian bisa langsung menuju hotel tanpa banyak berhenti. Nah, operator taxi ini tersedia di counter-counter sebelum pintu keluar bandara. Tenang aja, setelah kalian ambil bagasi dan menuju keluar, pasti deh banyak yang nawarin jasa transportasi kepada kalian.

Kalian juga bisa order taxi online juga kok di Bandara YIA. Harganya mungkin lebih fair tergantung dengan jarak tujuan kalian. Kalian bisa order melalui shelter khusus di Bandara YIA. Tapi ingat, fair belum tentu lebih murah dengan taxi konvensional ya, tergantung skill nego kalian juga sih kalo mau order taxi.

Baca juga : Cerita Naik Bus dari Jakarta Ke Aceh.

Baca juga : Backpacker ke Dieng.

Baca juga : Jalan-jalan di Qatar, Negara Terkaya di Dunia. 

Kesimpulan Pilihan Transportasi Bandara YIA terbaik

Dari berbagai pilihan transportasi Bandara YIA di atas, semua ada plus minusnya. Kalo saran aku sih, jika kalian single traveller ataupun single backpacker, kereta bandara bisa jadi opsi terbaik, ini adalah opsi termurah. Nah, tapi jika hotel kalian lebih dekat dengan titik drop off shutle bandara, aku pikir shutle adalah pilihan yang tepat juga bagi kalian.

Nah tapi jika kalian datang dalam grup berjumlah lebih dari 2 orang ataupun jika kalian single traveller dengan budget yang berlebih, taxi bisa jadi pilihan paling enak. Semua tergantung budget dan waktu, apakah kalian tergesa-gesa atau tidak.

Rekomendasi Agen Tour di Jogja

Nah jika kalian memang berencana pergi ke Jogja untuk tujuan wisata, kalian juga bisa pesan paket tour punyaku lho. Kalian bisa cek paket tournya di menu Tour Package di blog ini. Emang selain hobi nulis, kerjaanku adalah mengelola usaha tour di Jogja. Tenang aja harganya bisa dinegosiasikan kok.

Harga yang ter-display di menu paket sebenarnya adalah untuk wisatawan mancanegara, nah khusus bagi kalian sebagai wisatawan domestik, kalian bisa dapat harga khusus dari aku, tinggal kontak nomorku ini +62 811 2650 111. Paket antar jemput bandara ataupun drop luar Kota Jogja juga ada, tarifnya flat IDR 300.000 untuk drop ke Kota Jogja, dan untuk luar kota harganya bisa kalian cek di Tour Package. Pokoknya, standart service Bintang 5, kalian bisa cek reviewnya di aplikasi Trip Advisor maupun Airbnb.

Selamat berlibur di Jogja ya guys…..



1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here