Naik Kapal dari Surabaya Ke Lombok, Kapal Kirana 7!!!

Tinton Arya

Mawun Beach, Lombok. Naik Kapal dari surabaya Ke Lombok Naik Kapal Kirana VII (7)

Hii guys, Salam Ala Bacpacker!  Akhirnya gw kembali lagi ngeblog setelah sekian lama vakum. Jadi trip Ke Lombok Naik Kapal dari Surabaya ini adalah trip pertama gw semenjak copid mulai meraja lela di bumi ini, sett dah. Selama 2 tahun ini gw cuma bisa meratapi nasib akibat bisnis tour gw di Jogja yang mati suri, huhuhu. Jadi emang semua biaya ngetrip ala backpacker gw ni dimodali dari hasil bisnis tour gw di Jogja. Jadi apa mau dikata, gara-gara ga ada penghasilan, gw jadi ga bisa kemana-mana. Nah untunglah, dulu gw punya pengalaman kerja di perusahaan pelayaran, jadinya sekarang gw balik kerja lagi di kapal. Nah, trip ini tuh gw lakuin selama masa cuti kerja gw.

Oke guys, kita lanjut ke topik artikel Ngetrip Ke Lombok dari Surabaya Naik Kapal Kirana 7 ini. Nah, sebenarnya trip ke lombok ala backpacker ini adalah bagian dari trip panjang gw menuju Labuan Bajo. Gw sengaja pilih jalur darat dan laut daripada langsung naik pesawat. Lebih seru sih menurutku. Kalo naik pesawat kan kita tinggal duduk, dan sebentar doang dah langsung nyampe. Kalo jalur darat dan laut itu lebih kayak berpetualang. Di sepanjang jalan kita bisa liat pemandangan yang berbeda-beda, bisa ketemu banyak orang baru, dan pastinya pengalaman yang kita dapetin tuh lebih banyak dibanding kalo kita naik pesawat. Dari segi budget, adakalanya trip lewat jalur darat dan laut itu bisa lebih hemat

Tapi ada yang perlu digaris-bawahi, ada kalanya juga berpetualang dengan cara seperti yang kulakukan itu malah lebih mahal, kadang budget yang harus kita keluarkan bisa lebih banyak dibanding bila kita naik pesawat, tapi buatku, backpacking itu bukan hanya tentang cara traveling hemat tetapi juga tentang sebuah keseriusan, keseriusan untuk menambah ilmu, menambah teman dan menambah pengalaman. Dan trip seperti yang kujalani ini emang bukan untuk semua orang, terutama buat kalian yang jam kerjanya padat dan ga banyak waktu liburnya.

Nah, yuk kita cuss langsung ke topik utama artikel ini. “ Ngetrip ke Lombok Naik Kapal (lewat jalur darat dan laut)

Cerita Awal Trip Ke Lombok jalur Darat dan Laut Naik Kapal Kirana 7 Surabaya-Lombok.

Sebenarnya planning awalku tuh mau naik kapal langsung ke Labuan Bajo, tanpa harus singgah dulu di Lombok. Tapi waktu itu dari beberapa perusahaan perkapalan yang sudah aku cek, kapal-kapal yang menyediakan trayek Surabaya-Labuan Bajo sedang dalam masa nge-dock (perbaikan), yah daripada kelamaan nunggu jadwal yang tak pasti, gw putusin buat naik kapal Surabatya-Lombok dulu aja, baru nanti dari Lombok sampai Labuan Bajo aku terusin naik bus dan kapal ferry. Dan yups, aku ga nyesel dengan jalan yang aku pilih ini. Pokoknya, trip kali ini tuh. bakal jadi trip yang ga bakal bisa gw lupain.

So, karena domisiliku itu di Jogja, aku putusin buat ke Surabaya naik Bus terlebih dahulu. Gw pilih naik Bus Cepat Eka. Waktu itu aku start dari Jogja tanggal 3 Februari 2022 jam 12 siang. Waktu yang diperlukan buat naik bus dari Jogja menuju Surabaya sekitar 9 jam. Ak memang sengaja naik bus siang hari agar sampai Surabayanya malam, jadi gw bisa stay dulu di Surabaya 1 malam. Nah, kalo kalian mau ke Lombok start dari Jogja juga, kalian bisa kok kalo ga mau stay di Surabaya dulu. Opsinya, kalian bisa Naik Kereta Sri Tanjung yang berangkat dari Stasiun Lempuyangan jam 7 pagi dan akan sampai di Surabaya jam 12.30. Karena Kapal Kirana 7 yang akan berangkat dari Surabaya menuju Lombok biasanya berangkat jam 2.30, jadi kalian masih punya spare waktu lah buat menuju Pelabuhan dari Stasiun. Nah, kalo kalian start dari kota selain Jogja, seseuain aja waktu kedatangan kalian di Surabaya dengan jadwal keberangkatan kapal. Tapi aku ingetin sekali lagi ya, kalian harus cek jadwal keberangkatan kapalnya. Jangan sampai  kalian ketinggalan kapal. Karena setahuku jadwal kapal di Indonesia itu belum bisa fix laiknya pesawat ataupun kereta. Jadwal kapal bisa maju bisa juga mundur. Kalo mau aman ya ikuti caraku, berangkatnya di hari sebelumnya, dan stay dulu di Surabaya, biar trip kita lebih santuy.

Sekilas tentang Kapal Kirana 7 Rute Surabaya – Lombok

Oke guys, sebelum aku ceritakan secara detail pengalamanku Naik Kapal Kirana 7 dari Surabaya menuju Lombok ini, aku akan ceritakan sekilas tentang Kapal Kirana 7 ini. Kirana VII (7) adalah kapal baru milik PT. Dharma Lautan Utama (DLU). Pada 6 Januari 2022, kapal ini sandar untuk pertama kalinya di Pelabuhan Lembar, Lombok dan kapal ini tuh juga baru aja diresmikan oleh Bapak Menteri Pariwisata Sandiaga Uno. Jadi, saat aku naik kapal ini pada tanggal 4 Februari 2022, kapal ini adalah kapal terbaru di dalam jalur pelayaran Surabaya Lombok. Sebelumnya, di jalur ini sudah ada kapal dari perusahaan lain, namanya Kapal Legundi dan Kapal DLN Oasis.

Peresmian Kapal Kirana 7 oleh Bapak Sandiaga Uno

Kapal Kirana VII (7) ini berjenis Kapal Roro ( Roll on / Roll off). Bagi yang belum tahu apa itu kapal Roro, nih gua jelasin. Jadi kapal Roro itu bukanlah kapal penumpang biasa. Kapal berjenis Roro ini sebenarnya lebih dikhususkan buat mengangkut kendaraan yang memiliki muatan, seperti mobil pick up hingga truk tronton. Namun, mobil pribadi dan sepeda motor pun bisa diangkut juga, syaratnya cuma 1, punya duit buat bayar kapalnya, hehehe. Lebih jelasnya kapal ini adalah semi kapal barang, tapi yang diangkut bukanlah kotak-kotak kontainer. melainkan alat tranportssi bermuatan. Nah barangkali suatu saat kalian punya bisnis, kalian bisa tuh pakai kapal ini buat ngangkut produk-produk kalian buat didistribusikan di Lombok. Gw aminin yak, aamiin…

Dan apabila kalian mau road trip dari Jawa naik mobil bareng keluarga ato temen-temen, kalian juga bisa pakai Kapal Kirana VII (7) ini. Tarif per mobilnya sekitar 1,2 juta sd 1,5 juta, lebih detailnya kalian bisa cek di website resmi PT. DLU. Jadi nanti kalian ga perlu sewa mobil ataupun naik kendaraan umum saat mau keliling Pulau Lombok.

Oiya, Kapal Kirana VII (7) ini adalah satu-satunya kapal di Jalur Pelayaran Surabaya – Lombok yang jalurnya itu melewati bawah Jembatan Suramadu. Kalian dapat bonus extra tuh kalo naik kapal ini. Kalian bisa melihat gagahnya Jembatan yang menghubungkan Kota Surabaya dengan Pulau Madura yang sudah berdiri sejak zaman Presiden SBY dari dalam kapal. Untuk view-view ciamik lainnya yang bisa kalian saksikan dari dalam kapal, akan aku urai di paragraf lain di artikel ini. So, baca sampai habis ya guys! 😀

Cara Memesan Kapal Kirana 7 Surabaya  – Lombok

Ada 2 opsi untuk memesan tiket Kapal Kirana VII (7) ini. Pertama, kalian bisa pesan melalui website resmi PT Dharma Lautan Utama di link ini. Di beranda, kalian bisa langsung klik menu Reservasi terus klik Cari Jadwal, dan langsung deh kalian bisa cari jadwal kapal kalian. Oiya, untuk Pelabuhan asal, kalian bisa cari Kota Surabaya dan untuk Pelabuhan tujuannya bukan Lombok ya, melainkan Lembar. Lembar adalah nama Pelabuhan yang berada di sisi barat Pulau Lombok, bisa dibilang, Lembar adalah pintu gerbang laut utama Pulau Lombok.

Kalo kalian sudah tahu jadwal mana yang akan kalian pilih, silahkan klik pesan dan setelah itu kalian akan diminta untuk sign up. Setelah sign up dengan mengisi data diri kalian, kalian akan diminta untuk mencari jadwal kapal kalian lagi dan mengisi daftar penumpang, siapa saja yang akan ikut bersama kalian. Pastikan semua data diri terisi dengan benar sesuai KTP (ID) masing – masing. Dan apabila kalian membawa kendaraan pribadi kalian, pastikan juga data kendaraan sesuai dengan STNK yang masih valid. Setelah data terisi lengkap, kalian bisa pilih opsi pembayaranya. Saat artikel ini ditulis, opsi pembayaran hanya tersedia opsi transfer ke Rekening Virtual BNI, BRI dan BCA. Karena gw pengguna setia Bank Mandiri, gw ga bisa bayar ke rekening virtual ketiga bank di atas.

Jadi, setelah gw isi data dll, gw tetep ga bisa bayar pakai rekening mandiri. Gw ga tahu alasan gagal transfer lewat rekening virtual, bisa jadi gw yg ga ngerti cara transfer virtual beda bank, ato mungkin juga emang sistemnya ga memungkinkan buat menerima transfer virtual beda bank. Kalo kalian ga punya rekening BNI, BRI ataupun BCA, kalian bisa coba dulu juga buat booking online, barangkali kalian lebih beruntung dr gw, jadi kalian ga perlu datang ke Kantor Resmi PT DLU.

Nah, kalo kalian ga terbiasa booking online, ataupun selalu gagal saat mau membayar online, kalian langsung cuss aja ke kantor resminya. Saat itu gw beli tiketnya di Kantor resmi PT DLU yang berada di Jalan Perak Timur 512 B-7, Surabaya. Sebenernya ada banyak kantor cabang lain yang berada di bawah naungan PT DLU, namun, gw tetep pilih kantor cabang yang di atas karena jaraknya ke pelabuhan tempat kapal sandar itu paling dekat. Tapi gini guys, waktu itu gw kesulitan cari alamat ini di aplikasi ojek online, kalo aku klik Dhama Lautan Utama, yang muncul selalu kantor cabang lain yang jaraknya berjauhan dari Pelabuhan Tanjung Perak tempat kapal bersandar. Jadi titiknya gw ganti di titik terdekatnya, yaitu Bank Mandiri Jalan Perak Timur Surabaya, nah Bank Mandiri dan kantor DLU ini berada dalam satu deretan ruko. Itu tips dari gw kalo kalian kesulitan cari alamatnya di aplikasi ojek online.

Sampai kantor, kalian tinggal isi data dan bayar tiketnya. Saat itu harga tiket yang gw beli berharga 150 ribu untuk kelas ekonomi. Dan kalo kalian belum tes antigen, kalian akan diarahkan oleh petugas di kantor cabang untuk melakukan tes antigen di klinik terdekat. Saat itu gw diantar oleh petugas security buat tes di Klinik milik Satuan Brimob. Biayanya 100 ribuan dan gw kasih 25 ribu ke bapak yang mengantar gw ke klinik hingga ke pelabuhan.

Cerita Lengkap Trip Surabaya – Lombok pakai Kapal Kirana 7

Setelah tes antigen, gw langsung menuju Pelabuhan Tanjung Perak. Saat itu, Kapal Kirana VII bersandar di Terminal Penumpang Kapal Roro, jangan sampai nanti kalian salah terminal ya. Ada baiknya kalian konfirmasi lagi ke petugas di pelabuhan atau petugas di Kantor DLU di mana kapal akan bersandar.

Saat itu, penumpang yang asli, (penumpang tanpa bawa kendaraan ga ada 20 orang), yang lain adalah sopir-sopir angkutan ekspedisi. Mungkin karena kapal masih baru dan belum populer jadi belum banyak penumpangnya.

Kalo kata gw mah kapalnya bersih banget, jauh lebih bersih dari kapal-kapal yang pernah aku tumpangi di seantero negeri, mungkin karena masih baru juga yak. Harga tiket cuma 150 ribu tapi fasilitasnya berkelas. Saat itu aku upgrade kelas dari ekonomi ke kelas VIP ,karena saat itu penumpangnya ga banyak, ruangan di kelas VIP cuma ada gw doank, jadi serasa naik kapal pribadi cuy. Tapi di ruang VIP  itu ga ada matrasnya ya. Yang ada matrasnya itu malah yang kelas ekonomi. Jadi tempat tidur di Kelas VIP itu semacam Kursi di Bus Malam yang bisa disandarkan. Tetep nyaman sih kalo kata gw, nyatanya gw bisa tidur nyenyak juga meski ga pake matras.

Ruang VIP Kapal Kirana 7, kapal jalur Surabaya Lombok
Ruang VIP Kapal Kirana 7 Surabaya-Lombok

Akhirnya, jam 4 kapal mulai bersiap berangkat. Nah, ga lama setelah kapal berangkat, ada pengumuman kalo Kapal akan melewati Jembatan Suramadu, jadi para penumpang pada keluar tuh buat liat gagahnya Jembatan Suramadu. Sayang, cuaca waktu itu hujan deras, jadi gw ga bisa ambil foto yang bagus. Kalo kalian di ruang VIP, kalian ga perlu keluar buat liat pemandangan, karena lokasi ruang VIP tuh ada di bagian paling depan. Jadi pandangan kita luas, ada jendela juga di bagian samping kanan kiri. Ga rugi lah kalo kita ambil kelas yang VIP. Sepanjang jalan bisa liat view yang menawan.

View Jembatan Suramadu dari dalam Kapal Kirana 7, Surabaya-Lombok
View Jembatan Suramadu di cuaca yang hujan deras dari ruang VIP Kapal Kirana 7.

Fasilitas di Kapal Kirana 7 dari Surabaya – Lombok

Oke guys, perjalanan kita naik Kapal Kirana 7 ini tuh memakan waktu sekitar 20 jam. Tapi kalian ga perlu khawatir bakal bosen di atas kapal nanti. Fasilitas kapal ini tuh lengkap bingit. Nih gw jabarin apa aja fasilitas di Kapal Kirana 7 :

1. Tersedia matras di Kamar Ekonomi. Jadi meski kalian cuma beli tiket yang ekonomi, kalian tetep bisa tiduran juga kok. Ruanganya bersih. Pull AC. Ada charger hape dimana-mana.
  2. 2 kali Makan. Yups jadi dengan 150 ribu itu juga sudah include 2 kali makan.
  3. Tersedia kantin 24 jam. Kalo kalian masih kurang dengan jatah makan kalian, kalian ga perlu khawatir. Atau malam-malam mau ngobrol sambil ngopi bareng penumpang lain. Ada kantin yang standby selama 24 jam.
  4. Mushola. Nih jadi salah satu keunggulan Kapal Kirana 7. Gw belum pernah liat ada Mushola di kapal lain yang pernah aku tumpangi di Indonesia yang sebersih dan senyaman dengan yang ada di Kapal Kirana 7. Kalian bisa ngadem di musholanya cuy. Tapi jangan tiduran di sana ya. Kita harus bantu jaga kebersihan dan kenyamanan tempat ibadah demi penumpang lain juga.
  5. Live Music. Ada 2 kali pertunjukan live music dengan mbak-mbak penyanyi yang akan memanjakan telinga kita. Pertunjukan pertama itu jam 19.00 sd 21.00 dan yang kedua itu jam 09.00 sd 11.00 atau sebelum kapal sandar di Pelabuhan Lembar Lombok.
  6. Ruang Merokok dan Ruang Menyusui.
  7. Tempat nyantai di dek atas. Kalo kalian bosen tinggal di dalam kapal, Kalian bisa naik ke dek atas yang terbuka. Ada banyak kursi di sana. Jadi kalian bisa ngobrol sama kawan-kawan kalian sambil ngirup udara segar.
  8. Toilet yang bersih.
  9. TV di banyak lokasi. Jadi kalian bisa nonton film di setiap sudut kapal. Tapi siaranya dikontrol dari pusat ruang informasi ya. Jadi kalian ga bisa pilih channel sendiri.
  10. Wifi gratis. Satu hal yang selalu jadi kekhawatiran setiap manusia Indonesia saat sedang liburan, yakni koneksi internet. Tenang cuy, di atas kapal ada wifi gratis juga kok, tapi wifi ini ga bisa diakses dari setiap lokasi di dalam kapal, jadi wifinya itu cuma tersedia di dekat kantin atau dekat ruang receptionist. Dan signalnya ga kuat-kuat amat ya, tergantung posisi kapal juga, kalo lagi jauh dari daratan, signalnya suka ilang. Kalo mau internetan pake koneksi hape sendiri, gw saranin kartunya dari Telkomsel, setahu gw provider yang lain signalnya susah.

Oke guys, jadi itu beberapa fasilitas di atas kapal yang bisa kalian manfaatkan selama 20 jam perjalanan. Dan jika kalian membawa balita dalam perjalanan kalian. Ada juga lho sarana bermain anak yang tersedia di dek atas.

Baca juga : Bus dari Medan ke Danau Toba. Transport Terhemat!!!

View selama perjalanan di jalur laut dari Surabaya menuju Lombok.

Selain view Jembatan Suramadu yang sudah aku sebutin sebelumnya. Ada beberapa view menarik lain di sepanjang perjalanan Laut dari Surabaya menuju Lombok. Satu yang ga boleh kalian lewatkan adalah view lumba-lumba yang berenang bebas di lautan saat kapal mendekati Pantai Lovina Bali. Kalian, jangan khawatir, saat kapal mendekati Pantai Lovina, akan ada pemberitahuan dari pusat informasi yang meminta para penumpang untuk keluar untuk  bersiap menyaksikan atraksi lumba-lumba yang berenang bebas di lautan. Waktu itu aku sempat melihat sekumpulan lumba-lumba yang berenang bebas, sayang jaraknya agak jauh dari kapal, jadi momen itu ga bisa kuabadikan dalam lensa kamera hapeku.

Sebelum kalian melihat atraksi lumba-lumba, kalian bisa juga lho mengabadikan view sunrise ala Laut Bali. Bagi kalian yang muslim, selepas Solat Subuh, stand by aja kalian di deck atas, sambil menghirup udara segar pagi hari, menyaksikan matahari yang muncul perlahan-lahan dari cakrawala sungguhlah momen yang menentramkan jiwa. Nah saat pagi hari itu juga kalian akan disuguhkan view Gunung Agung yang megah dari lautan.

View Sunrise dari dalam Kapal Kirana VII, Surabaya Lombok
View Sunrise di Laut Utara Pulau Bali

Saranku, kalo kalian ingin menyaksikan momen-momen seperti di atas, Bangun Pagi Adalah Kuncinya. Terutama untuk view sunrise, sedikit terlambat, momen indahnya sunrise khas Lautan Bali akan terlewatkan.

Transportasi dari Pelabuhan Lembar menuju penginapan.

Pelabuhan Lembar, Lombok
View dari Ruang VIP sebelum masuk Pelabuhan Lembar

Akhirnya sampai juga aku di Pelabuhan Lembar setelah menjalani trip melintasi daratan dan lautan mulai dari Yogyakarta, Surabaya, melintasi Laut Bali hingga sampai di Pulau Lombok ini. Tapi perjalanan belum selesai guys, Kalian pasti akan bertanya-tanya, “terus mau naik apa gua dari Pelabuhan Lembar sampai ke penginapan atau lokasi wisata?” . Bagi yang mencari info alat transportasi publik di Pelabuhan Lembar, kalian ga akan menemukan jawabanya. Sampai saat artikel ini ditulis, belum ada alat transportasi resmi yang menghubungkan Pelabuhan Lembar dengan daerah lain di Lombok seperti Kota Mataram, Pantai Senggigi, Kuta Lombok ataupun daerah lainnya.

Satu-satunya alat transportasi yang tersedia adalah sewa mobil pribadi atau naik ojek. Jadi sesampainya di Pelabuhan Lembar, kalian akan melihat mobil-mobil Avanza yang sudah standby menanti kedatangan kalian. Mereka akan langsung menawari kalian jasa transport sampai destinasi terakhir kalian. Besaran tarifnya di kisaran 300 ribu per mobil ke destinasi seperti Pantai Senggigi, Pelabuhan Bangsal (Gili Trawangan), Kota Mataram maupun Kuta Mandalika. Jadi kalo kalian datang berlima, kalian bisa share tarifnya. Nah, kalo kalian travelling sendirian kayak aku, kalian bisa pakai jasa ojek. Waktu itu tujuan akhirku adalah Kuta Mandalika, tarifnya 100K. Nih aku kasih no hape bapak yang mengantarku sampai penginapan, barangkali kalian mau booking dulu sebelum sampai di Lembar, (+62 817 573 9503). Namanya gw lupa cuy, hehehe.

Ojek yang mengantarku dari Pelabuhan Lembar sampai Kuta Mandalika
Bapak Ojek yang mengantarku dari Pelabuhan Lembar sampai dengan Penginapan di Kuta Mandalika

Eits, tapi katanya kalo ada event besar seperti Moto GP di Mandalika, pemerintah setempat akan menyediakan shuttle bus dari Lembar menuju ke Kuta Mandalika. Tapi itu katanya ya, semoga aja benar adanya, jadi kalian ga akan kesulitan buat menuju destinasi akhir di Lombok. Kalaupun ga ada anggap aja ongkos transportasinya sebagai bagian dari pemerataan ekonomi di Pulau Lombok.

Tempat Menginapku Selama di Kuta Mandalika

Jadi guys, salah satu tujuanku ke Lombok selain sebagai bagian trip panjangku menuju Labuan Bajo, di Lombok aku juga mau latihan surfing. Nah tempat terbaik buat surfing di Lombok itu berada di sekitaran Pantai Kuta. Ada banyak pantai dengan berbagai tipikal ombak surfing disini. Ada pantai yang cocok buat pro surfer ada pula pantai yang cocok buat surfer pemula kayak gw.

Di Kuta, aku menginap di Botchan Hostel. Jaraknya ga jauh dari Pantai Kuta maupun Sirkuit Mandalika. Menurutku, hostel ini sangat recommended. Terutama buat backpacker kayak gw. Per malam cuma 100 ribu buat yang kamar tipe dormitory. Fasilitas hostel ini tuh lengkap banget cuy. Yang utama sih ada kolam renangnya, meja bilyard, dan hammock buat nyantai di depan kamar. Dan hawanya juga sangat sejuk karena hostel ini dipenuhi oleh tanaman-tanaman hijau. Selain itu lokasinya juga strategis, dekat dengan cafe-cafe buat nongkrong. Selain cocok buat solo backpacker kayak gw, hostel ini juga sangat cocok buat kalian yang sedang liburan rame-rame ke Lombok, selain ada tipe dormitory, ada juga yang tipe private room. Nih gw cantumin link buat booking jika kalian mau stay di sana juga (Botchan Hostel). Atau kalo kalian mau tanya-tanya dulu sebelum booking, kalian bisa hubungi no ini, +62 878 656 843 89, namanya Mas Hajir. Kalo booking langsung lewat nomor itu, harganya juga bisa lebih murah dibandingkan bila kalian booking lewat aplikasi.

Botchan Hostel. Tempat stay selama di Lombok dari Surabaya
View Botchan Hostel
Botchan Hostel. Kapal Surabaya Lombok
Salah satu fasilitas di Botchan Hostel

Berapa Budget Trip Ke Lombok lewat jalur darat dan laut?

Oke guys, buat penutupan artikel ini, nih aku cantumin pengeluaranku selama trip menuju Lombok lewat jalur darat dan laut. Biar kalian ada acuan berapa dana yang harus kalian siapkan jika ingin menjalani trip ala Backpacker sepertiku. Budget trip kalian mungkin bisa lebih hemat ataupun bisa juga lebih mahal ya daripada budget trip ku. tergantung traveling style kalian dan lokasi asal kalian yang mungkin startnya bukan dari Jogja sepertiku.

1. Bus Cepat Eka Jogja-Surabaya : 125 K
  8. Ojek dari Pelabuhan Lembar ke Botchan Hostel : 100 K
  9. 2 night stay di Botchan Hostel : 200 K

Total : IDR 915.000

Nah, itu adalah pengeluaranku buat transportasi dan akomodasi dari rumahku di Jogja hingga penginapanku selama di Lombok. Aku ga cantumin pengeluaran makan dan lainnya, karena pastinya budget makan setiap orang ga akan sama. Jadi tinggal kalian tambah-tambahin sisanya ya.

Oke guys, sekian cerita trip gw dari Jogja, Surabaya hingga tiba di Lombok. Bagi kalian yang ingin mengetahui lanjutan cerita ini hinga sampai Labuan Bajo, silahkan klik link Naik Bus dari Mataram ke Bima dan Tranportasi dari Bima ke Labuan Bajo. Dan jika ada pertanyaan, kalian bisa langsung DM aku di IG : tint_arya. Kalo lagi ga ada kerjaan, InshaAllah aku akan balas pertanyaan dari kalian. Dan jika kalian perlu jasa tour travel di Jogja, atau jasa pick up Bandara YIA Jogja, kalian bisa pakai jasa tour punyaku, langsung aja WA nomor ini +62 811 278 111 5. Cek reviewnya disini.

See you in the next article guys! Salam AYO NGETRIP ALA BACKPACKER.

Hello guys!!! FYI, saat ini aku sedang merintis usaha tour di Jogja. So, jika kalian ingin liburan ke Jogja dan perlu referensi Paket Wisata atau bagi kalian yang sering mondar-mandir Jogja dan memerlukan jasa antar-jemput bandara, please cek website ku yang ini ya : wisatajogja.com dan IG : wisatajogja_com. Please save di bookmark kalian juga ya. Thank you guys.

Baca juga : One Day Trip Komodo, Explore Komodo ala Backpacker.

Baca juga : Rute trip ke Wae Rebo dari Labuan Bajo

Baca juga : Cerita trekking ke Wae Rebo (biaya dan rute)

Baca juga : How to go from Yogyakarta International Airport (YIA) to city centre.

Also Read

4 thoughts on “Naik Kapal dari Surabaya Ke Lombok, Kapal Kirana 7!!!”

1. haloo, mau nanya nih Pak. tiket VIP itu emang terbatas atau gimana ya? soalnya waktu buka di aplikasi abis terus :(. tolong di info yaa. tks